toggle menu

Sahabat Exporters

Sahabat Eksportir

LPEI Sahabat Eksportir

Capacity Building  |  27 Apr 2019

LPEI Tingkatkan Kapasitas Petani di Manokwari

Pelaku sektor industri kelapa sawit di Indonesia di dominasi oleh petani, dimana sebagian besar lahan perkebunan sawit di kuasai oleh petani kecil baik itu petani swadaya maupun petani plasma. Salah satu tantangan terbesar bagi pelaku korporasi di sektor ini adalah bagaimana mendampingi dan membantu para petani tersebut untuk dapat meningkatkan kesadaran terhadap praktik lingkungan sekaligus meningkatkan hasil, produktivitas, pendapatan, dan kesejahteraan mereka.

PT. Medcopapua Hijau Selaras (PT.MPHS) didirikan pada tahun 2007 merupakan nasabah Indonesia Eximbank sejak tahun 2016 yang berlokasi di Distrik Prafi, Masni, Sidey Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.

Dalam upaya meningkatkan kapasitas koperasi/petani plasma binaan PT.MPHS serta menindaklanjuti hasil kunjungan Menteri Keuangan RI pada bulan Desember tahun 2018 diselenggarakan kegiatan Jasa Konsultasi melalui pelaksanaan pelatihan kepada petani plasma PT. MPHS yang tergabung pada 11 koperasi berupa pengetahuan manajerial dalam operasional dan pengelolaan koperasi yang profesional dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan serta pengetahuan manajerial pengurus dan anggota koperasi dalam operasional dan pengelolaan koperasi yang profesional sehingga terciptanya keberlanjutan (sustainability) pemenuhan bahan baku produksi CPO dalam pemenuhan permintaan pasar ekspor.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Maret 2019 bertempat di Hotel Aston Niu Manokwari dibuka secara resmi oleh Bapak Kukuh Saptoyudo Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manokwari yang dihadiri oleh perwakilan manajemen PT.MPHS Bapak A.J. Siregar dan di ikuti sebanyak 42 orang peserta pelatihan ketua dan pengurus dari 11 koperasi dan manajemen PT. MPHS dengan narasumber Bapak Amir Panzuri praktisi koperasi dan pendiri/ pengurus KSU. APIKRI dari DI. Yogyakarta yang menyampaikan materi kewirausahaan dan manajemen koperasi.

Dalam kesempatan tersebut juga telah diserah terimakan bantuan sarana pendukung ekspor dari Indonesia Eximbank berupa 55 unit gerobang dorong kepada 11 koperasi.