toggle menu

Sahabat Exporters

Sahabat Eksportir

LPEI Sahabat Eksportir

CPNE  |  29 Jan 2018

Jawa Classic Ekspor Perdana Produk Furniture Ramah Lingkungan asal Yogyakarta Ke Hamburg, Jerman

Ibu Astriyani, produsen furniture skala UKM (perorangan) lokal Bantul, Yogyakarta yang memulai usahanya di tahun 1998.

Bermula dari usaha memproduksi craft/kerajinan di rumahnya, Ibu Astri mulai memasok pembeli dr Bali dengan omset yang belum besar.

Bom Bali 2004 membawa dampak yang signifikan bagi usaha Ibu Astri karena jumlah order yang sedikit dan menganggu cash flow usahanya.

Hingga akhirnya pada tahun 2006, saat terjadi gempa Jogja, Ibu Astri melihat sebuah kesempatan dibalik bencana yang terjadi.

Banyaknya turis-turis mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta untuk melihat lokasi gempa, juga membawa berkah bagi Jawa Classic karena banyak turis yang berkunjung ke workshopnya. Sejak saat itu mulai berdatangan order untuk produk-produknya.

Banyaknya kayu-kayu bekas dari reruntuhan rumah akibat gempa  memberikan ide kepada Ibu Astri untuk mengumpulkan dan membelinya sebagai bahan baku. Dengan berbekal internet, Ibu Astri mulai membuat produk dengan design yang unik dan antik.

Sejak tahun 2014, Jawa Classic menempati showroom di Jl. Bantul Km. 4, Yogyakarta dan mulai menerima order secara rutin.

Mengenal Indonesia Eximbank sejak tahun 2017, dan difasilitasi untuk mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di Jakarta. Pada TEI 2017 ini, Jawa Classic menerima order dari pembeli di Hamburg, Jerman.

Pada hari ini, Jawa Classic melakukan pengiriman produk furniture ke Jerman dengan total nilai sekitar Rp1 miliar.

Dengan bekal pelatihan dalam kurun waktu setahun dan pendampingan pada Coaching Program for New Exporter (CPNE) Indonesia Eximbank, Jawa Classic semakin yakin untuk mengembangkan usaha serta pasarnya.

Alibaba dan Panjiva adalah market place yang akan disasar oleh Jawa Classic karena banyaknya potensi buyer dan order.

Jawa Classic, dari Bantul menuju pasar dunia.