toggle menu

Sahabat Exporters

Sahabat Eksportir

LPEI Sahabat Eksportir

Capacity Building  |  22 Feb 2018

Indonesia Eximbank Gelar Sosialisasi dan Pelatihan “How to Start Export” Bagi Pelaku UKME Dalam Rangka Persiapan Digital Handholding Program di Solo

Surakarta, 23 Februari 2018 – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan “how to start export’ pada tanggal 22 – 23 Februari 2018 di Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka persiapan Digital Handholding Program (DHP)  yaitu program jasa konsultasi Indonesia Eximbank di bidang teknologi informasi (digital) yang dilakukan dalam rangka mendampingi, memfasilitasi, dan memberdayakan Pelaku UKM berorientasi ekspor untuk mampu memasarkan, memperluas akses pasar, mempromosikan, serta meningkatkan daya saing produk unggulannya di market place global (global e-commerce). 

Acara ini terselenggara atas kerja sama dan sinergi antara Indonesia Eximbank dengan Universitas Sebelas Maret (UNS), University Network for Indonesia Export Development (UNIED), Bank Indonesia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta, Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Bank Jateng, dan beberapa asosiasi di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta diantaranya adalah Asosiasi Produsen dan Handicraft Indonesia (ASEPHI), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Asosisai Profesi Ekspor dan Impor Indonesia, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Sebanyak 179 pelaku UKM berorientasi ekspor hadir dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang menunjukkan antusiasme pelaku usaha untuk dapat mempelajari cara menjadi eksportir yang handal, termasuk melalui global e-commerce. Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Ibu Sinthya Roesly menyampaikan “sosialisasi dan pelatihan yang kami selenggarakan akan membawa para UKM ekspor di Jawa Tengah dan Yogyakarta siap untuk memasuki market place global dalam menembus pasar global dunia. Kami menyadari bahwa global e-commerce merupakan new generation of trade sehingga DHP menjadi program terobosan Indonesia Eximbank untuk mendukung peningkatan ekspor Indonesia”.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi kiat sukses menjadi Entreprenuer. Materi diberikan oleh Dr. Ir.  Eddy Triharyanto, M.P Kepala Badan Pengelola Usaha dari Universitas Sebelas Maret (UNS), dan  materi “How To Start Export” oleh praktisi ekspor.  Pada hari kedua, peserta belajar tentang pengenalan global e-commerce, didalamnya termasuk pengetahuan tentang  penggunaan media sosial sebagai digital marketing,  brand image, portfolio dan packaging.  Materi pelatihan tersebut sebagai pengantar bagi mereka yang memiliki potensi untuk memanfaatkan global market place sebagai salah satu alternatif akses pemasaran global.

Komitmen Indonesia Eximbank Mendukung Pelaku Usaha UKM beroritentasi Ekspor

Indonesia Eximbank berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha UKM ekspor (UKME) melalui pemberian Pembiayaan Ekspor dalam bentuk Pembiayaan Modal Kerja Ekspor maupun Pembiayaan Investasi Ekspor. Keberpihakan ini direalisasikan melalui Pembiayaan pada segmen UKME yang tumbuh mencapai 22,76% di sepanjang tahun 2017.

Dukungan lainnya yang juga merupakan bagian dari program jasa konsultasi adalah Program Coaching Program for New Exporter (CPNE). Program berkelanjutan ini merupakan rangkaian dari beberapa bentuk kegiatan seperti pelatihan dan bimbingan, pendidikan, pameran dan pendampingan selama periode tertentu hingga pelaku UKME mampu menjadi eksportir baru. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat (community empowering) sebagai upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja.