toggle menu

Public Information

News

Indonesia Eximbank news and announcements.

05 Dec 2019

Sebentar Lagi Indonesia Punya Desa Devisa

Jakarta, 5 Desember 2019 - Melalui peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat lokal, pembangunan infrastruktur, pengembangan koperasi dan komoditi unggulan daerah setempat, maka pengembangan ekonomi kerakyatan dapat terwujud.

 

Ekonomi kerakyatan masih menjadi fundamental penting dalam membangun, mengembangkan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan rakyat setempat. Desa Devisa menjadi salah satu solusi bagi pengembangan ekonomi dan komoditi unggulan suatu daerah.

 

Desa Devisa adalah kelompok/cluster tertentu yang berpotensi untuk melakukan aktivitas produksi secara berkelanjutan untuk ambil bagian dalam rantai pasokan ekspor global (baik secara langsung maupun tindak langsung).

 

“LPEI memiliki IEB Institute yang telah bekerjasama dengan Institute Pertanian Bogor untuk membuat kajian bersama memetakan potensi wilayah berdasarkan komoditi unggulan dengan menggunakan beberapa aspek yang dijadikan indikator terukur”, ujar Sinthya Roesly Direktur Eksekutif LPEI.

 

Berdasarkan perhitungan tersebut maka diperoleh hasil bahwa terdapat potensi pengembangan suatu daerah berdasarkan komoditi unggulan yang dimiliki. Adapun beberapa aspek yang digunakan, 1) aspek produksi, 2) aspek konsistensi dan keberlanjutan produksi, 3) aspek pemberdayaan masyarakat desa dan koordinasi antar lembaga, 4) aspek koordinasi antar lembaga desa devisa ekspor, 5) aspek produsen dan manajerial, 6) aspek infrastruktur dan sarana penunjang lain.

 

“Saat ini terdapat 30 potensi desa devisa yang tersebar di seluruh Indonesia berdasarkan hasil pemetaan komoditi unggulan lokal dan di akhir tahun 2019 LPEI akan meresmikan dua desa devisa”, terang Sinthya Roesly.

 

Diharapkan, dengan adanya desa devisa ini dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat lokal berdasarkan pengembangan produk unggulan setempat serta menopang ekonomi kerakyatan melalui kegiatan ekspor nasional.