toggle menu

Public Information

Berita

LPEI News

27 Mar 2018

Presiden dorong Kemudahan Perizinan dan Akses Informasi terkait Ekspor

Presiden Joko Widodo meluncurkan fasilitas Perizinan Online Kepabeanan khususnya untuk Kawasan Berikat pada Selasa (27/3/2018) di PT Samick Indonesia, Cileungsi, Jawa Barat. Peluncuran tersebut dilakukan bersamaan dengan silaturahmi Presiden dengan 3.000 Pengguna Fasilitas Kepabeanan.

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai  bersama dengan Indonesia Eximbank menunjukan komitmen Pemerintah untuk menaruh perhatian terhadap permasalahan yang dihadapi UKM dalam menembus pasar ekspor. 

Pemerintah melihat bahwa dibutuhkan sinergi antar instansi/lembaga untuk mendukung UKME dalam meningkatkan nilai ekspornya, untuk itu pemerintah membentuk Forum Satu Atap (FORSA) yang merupakan sebuah forum/media komunikasi yang integratif, komunikatif dan solutif antar pelaku ekspor dengan Kementerian/Lembaga dan lnstansi terkait ekspor serta Indonesia Eximbank. 

Fasilitas merupakan cara pemerintah untuk meningkatkan ekspor dengan mempermudah perizinan dan memberikan akses seluas-luasnya kepada eksportir Indonesia.