toggle menu

Public Information

News

LPEI News

09 Nov 2017

Indonesia Eximbank Jalin Kerja Sama dengan 3 Negara

Indonesia Eximbank menandatangani perjanjian dengan Korea Eximbank, China Eximbank, dan EFIC (Export Finance & Insurance Corporation) Australia.

Dengan Korea Eximbank, Indonesia Eximbank menandatangani Credit Line Facility Agreement. Dimana melalui fasilitas ini Korea Eximbank memberikan fasilitas pembiayaan sebesar US$200 juta untuk transaksi pembelian barang modal atau bahan baku maupun jasa dari Korea yang dibutuhkan para eksportir Indonesia dalam kegiatan produksi.

Dengan China Eximbank, Indonesia Eximbank menandatangani Framework Agreement untuk penerbitan Panda Bond  yang merupakan obligasi mata uang renminbi yang diterbitkan oleh entitas asing nonresident di China.

Sementara dengan Australia (EFIC), Indonesia Eximbank menandatangani fasilitas cotton financing. Fasilitas ini bertujuan untuk mengakomodir eksportir Indonesia dalam pembelian bahan baku kapas dari Australia.

Dalam pertemuan ini selain agenda pertemuan bilateral antar beberapa anggota AEBF juga dilakukan penandatanganan Endorsement Letter atas Credit Line Facility framework agreement. Credit Line Facility sendiri merupakan inisiasi dan gagasan Indonesia Eximbank ketika Indonesia menjadi tuan rumah annual meeting AEBF, Bali tahun 2016. Tindak lanjut dari gagasan tersebut adalah dibentuknya Task Force penyusunan template framework agreement yg diketuai oleh Indonesia Eximbank dan Chexim sebagai wakilnya. Task force berhasil menyusun template framework agreement yang kemudian disetujui dan ditandatangani oleh seluruh anggota AEBF melalui Endorsement Letter.