toggle menu

Public Information

Berita

LPEI News

02 Nov 2017

Indonesia Eximbank Biayai PLN dengan Sindikasi Total 12 Triliun

Indonesia Eximbank bersama 7 bank dan lembaga keuangan lain memberikan pembiayaan sindikasi kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN)  dengan total Rp12 triliun. Indonesia Eximbank sendiri mengambil porsi pembiayaan sebesar Rp1 triliun. Pembiayaan tersebut akan digunakan oleh PLN untuk membiayai kebutuhan investasi tahun 2017 (CAPEX) sebagai salah satu bagian dari program strategis nasional 35.000 MW.
 
PLN menyampaikan, proyek 35.000 MW tersebut membutuhkan pendanaan pembangunan infrastruktur dengan total lebih kurang Rp1.200 triliun, dengan porsi Rp585 triliun oleh PLN sendiri dan Rp615 triliun dari perbankan dan lembaga keuangan.
 
Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh perbankan dan lembaga keuangan, termasuk Indonesia Eximbank. ”Dukungan perbankan dan lembaga keuangan nasional merupakan kunci keberhasilan pembangunan proyek 35.000 MW,” ujarnya dalam sambutannya.

Dukungan Indonesia Eximbank pada mega proyek PLN ini merupakan salah satu bentuk sinergi dengan BUMN dalam mendukung program strategis nasional. Dukungan ketersediaan listrik dan jaringan listrik yang memadai dapat memacu industri berbasis ekspor untuk menjalankan operasionalnya tanpa kekhawatiran defisit suplai energi listrik sehingga dapat menekan biaya operasional terkait bahan bakar/suplai listrik. Sehingga Investasi yang dilakukan oleh PLN  tersebut dapat berperan dalam peningkatan ekspor Indonesia yang dikategorikan sebagai infrastruktur penunjang ekspor.