toggle menu

Public Information

News

Indonesia Eximbank news and announcements.

29 Apr 2020

Covid-19 dan PSBB tak Halangi LPEI Lakukan Pelatihan Ekspor

Jakarta, 29 April 2020 Penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar menjadi harus diterapkan. Kebijakan ini membuat pergerakan setiap masyarakat menjadi terbatas, terutama yang bersifat keramaian. Ditengah kondisi tersebut Indonesia Eximbank/Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia tetap memberikan pelatihan untuk membangun kapasitas (Capacity Building) bagi para Alumni CPNE (Coaching Program for New Exporters) khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Pelatihan yang berbasis aplikasi video conference ini diberi judul CPNE: E-Gathering 101. Para Alumni CPNE yang mengikuti kegiatan ini merupakan angkatan 2016-2019.

 

Pada E-Gathering kali ini, LPEI memaparkan Potensi Pasar Ekspor di Tengah Pandemi Covid-19 dan Perluasan Akses Pasar. LPEI juga menyampaikan bagaimana perkembangan kondisi perekonomian saat ini dan dampak Covid-19 terhadap sektor industri serta peluang ekspor yang dapat di manfaatkan pada masa pandemi Covid-19.

 

Tercatat sekitar 50 peserta mengikuti E-Gathering. Beberapa diantaranya membagikan kisah ekspor ditengah pandemi covid-19. Salah satunya adalah Nur Hidayat, pemilik PT. Cahaya Arta Exindo.

 

 “Baru-baru ini kami berhasil mengirimkan produk perabotan berupa sapu ke Negara India. Kunci keberhasilan kami adalah bagaimana kami terus berusaha beradaptasi dengan situasi saat ini  serta dapat memanfaatkan peluang baru di tengah pandemi Covid-19 dan kebijakan lockdown yang di terapkan oleh negara tersebut.

 

Program CPNE (Coaching Program for New Exporters) adalah Program pelatihan yang di berikan oleh LPEI dalam bentuk pelatihan dan pendampingan berkelanjutan kepada para UKM berorientasi Ekspor selama 1 tahun. Sampai saat ini, LPEI tengah mempersiapkan program CPNE 2020 dengan peserta yang berasal dari UKM berdomisili di Yogyakarta dan Makassar. Namun mengingat kondisi keterbatasan akibat penyebaran Covid-19, pelatihan dilakukan secara online.

 

Yadi J. Ruchandi, Corporate Secretary LPEI menyampaikan bahwa pelatihan ini tetap penting untuk menjaga agar UKM tetap dapat mempertahankan bisnisnya ditengah pandemic ini

 

E-Gathering Alumni CPNE ini bertujuan untuk mengetahui progres bisnis kegiatan ekspor para Alumni CPNE sehingga dapat memberikan solusi dan atau asistensi untuk hambatan yang di hadapi oleh para Alumni CPNE terutama di tengah pandemi Covid-19”.

 

E-Gathering di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para Alumni CPNE sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang dari potensi bisnis ekspor, serta memperkuat silaturahmi dan transfer pengetahuan di antara para Alumni CPNE. Selain itu, E- Gathering juga akan di selenggarakan kembali pada Bulan Mei mendatang.